Selasa, Mei 12, 2009

Jajanan SMP I

Seingat saya waktu di SMP dulu (1965), kalau istirahat anak2 pada jajan di warung di halaman belakang sekolah. Depan warung ada pohon rimbun. anak2 pada makan kue disitu. Yang punya warung namanya siapa ya..... pak Giarto apa Pak Biyarto....saya tidak ingat persisnya. Kalau beli jajanan ngelongok dari jendela. Jaman dulu bentuk seperti itu disebut bango ya....? jajanan ditaruh diatas meja yang letaknya agak jauh dari jendela tempat anak2 ngantri minta diladeni. Mejanya sengaja ditempatkan agak jauh mungkin supaya tidak bisa diranggeh anak2. Kalau beli kita serahkan uang dan menyebut nama kue yang diinginkan. Pak Giarto dibantu isterinya yang menerima uang dan mengambilkan jajanan yang kita beli. Jadi temen2 tidak bisa jadi darmaji ya..... (dahar lima ngaku hiji). Jajanan favorit saya : tempe goreng, tahu goreng, lento, klenyem, blanggreng, tape goreng (alias randa royal), mie goreng atau mihun goreng yang dibungkus daun pisang, kadang2 beli kacang goreng, minumannya segar dingin........maknyus....
jaman dulu belum ada coca-cola, burger, kentucky chicken. pokoke wareg. biasanya anak2 kalau jajan istirahat pertama jam 9, kalau istirahat kedua jam 11 sudah jarang yang beli jajanan, karena duit sangunya sudah habis. seingat saya uang jajan saya hanya cukup untuk beli sebotol minuman dan sepotong kue. kalau beli kue dua potong tidak bisa beli minuman. saya sering beli kue dua potong tanpa beli minuman, kok bisa ya, kok tidak sereten ya....makan tanpa minum. kalau sekarang makan tanpa minum perut langsung kembung dan bunyi kruyuk2 karena pencernaannya terganggu. tapi jaman dulu masih kecil bisa saja dan tidak masalah. Best regards, Wirawan

2 komentar:

  1. Penjual jajanan kue dan minuman tersebut namanya bukan pak Giyarto atau pak Biyarto mas... tapi pak MUBI.

    BalasHapus
  2. Terima kasih mas atas koreksinya, maklum sudah tua suka lupa.
    Wirawan

    BalasHapus