Rabu, Mei 20, 2009

Diwulang Kok Maido

Maido itu kan Basa Jawa artinya tidak percaya, menyangkal atau membantah. Kalau orang Jawa maido biasanya bilang : Ah, pret..... atau Ah, gombal....... Kalau orang Jawa Timur maido bilang : Ngawur ae.....kon... Jadi judul diatas itu artinya diajari kok nggak percaya. Kejadiannya waktu saya di kelas 3 SMP I, siang-siang habis istirahat ke-2 pelajaran ilmu bumi (kalau tidak salah ingat). Pak guru sedang menerangkan di depan kelas tahu-tahu ada bunyi pret... di belakang. Rupanya ada temen kepentut (kentut tapi tidak sengaja) mungkin karena perutnya sedang kembung atau mules. Kelas jadi tegang nggak ada yang berani ngomong sama sekali suasana kelas sunyi senyap. Teman yang merasa bersalah karena ngeluarin gas tadi juga merasa takut dan malu. Tiba-tiba Pak Guru komentar : "Diwulang kok maido" langsung anak-anak tertawa gerrr........................... Ternyata Pak Guru tidak marah. Setelah ada yang komentar kiri-kanan sebentar, suasana tenag kembali dan Pak Guru meneruskan pelajarannya. Saya lihat teman yang kepentut tadi sudah lega tidak dimarahi sama Pak Guru. Maklum jaman itu kita semua takut sama Pak Guru. Jaman dulu kalau ketemu Pak Guru pasti nunduk dan beri hormat. Waktu SD malah murid pasti membawakan sepeda Pak Guru sampai ke kandang sepeda dan murid yang lain membawakan tasnya. Kalau mau masuk kelas baris dulu dua-dua, baru kemudian disuruh masuk barisan yang paling rapi. Saya dengar di Jepang tradisi ini masih dijalankan sampai sekarang untuk menanamkan disiplin. Malah disana setiap murid harus mencium tangan gurunya dulu baru masuk kelas. Tapi kalau hal ini saya ceritakan kepada anak saya supaya ditiru, komentarnya : Ah, itu mah jadul pak........... (jadul=jaman dulu) sekarang nggak ada lagi................. Kembali ke cerita diatas, saya sudah lupa siapa ya temen yang kepentut di kelas itu. Kalau gurunya seingat saya Pak Mursidi guru Ilmu Bumi, beliau rumahnya di Sambeng. Beliau ternyata tidak marah malah mengeluarkan komentar yang lucu sehingga anak-anak tertawa. Siapa lagi teman yang punya kisah lucu...............please share ke blog kita ini..........best regards, Wirawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar