Rabu, Mei 06, 2009

ASAL USUL TERBENTUKNYA PANAMMA

Sebulan sebelum bulan puasa tahun 2008 yl, tercetus pikiran penulis untuk mengajak sahabat Djanggan Muladi mengumpulkan kembali bekas teman-teman waktu masih di SMPN I Solo angkatan enam lima, jadi kira2 teman yang berpisah 43 yang lalu........
Sebuah pemikiran yang sulit dicerna. Tapi karena kemauan keras kami berdua akhirnya kami sepakat untuk mencobanya...

Dengan Misi "Ngumpulke Balung Pisah" dan Visi "Kembali bersama-sama lagi....sampai akhir waktu nanti", kami merencanakan untuk mengadakan acara "Silaturahmi dan Temu Kangen" antara mantan murid dan mantan guru kita pada waktu acara Lebaran di Solo, dan gagasan tersebut kami beritahukan kepada teman2 yang masih bisa kita hubungi. Mereka menyambut dengan antusias mengenai rencana tersebut, dan menyatakan bersedia membantu mencari informasi tentang teman2 kita dari SMPN I angkatan 65.

Akhirnya kami bentuk panitia kecil yang terdiri dari Djanggan Muladi, Anto Sukardjo, Liessye, Raswati dan saya sendiri (Rini Gunawan)untuk mengolah rencana tersebut.

Adapun dana untuk penyelenggaraan reuni tersebut kami himbau dari beberapa teman kita yang pada punya posisi dan jabatan yang mapan untuk menjadi Donatur. Mereka a.l adalah Prof.DR. Umar Anggara Jeni (Direktur LIPI), DR.Dr.Moh.Munawar (ahli jantung dan dokter kepresidenan), DR.Gunawan Sumodiningrat (Dirjen PPLH dan staf ahli Wapres), Ir.Trihadi Karnanto (direktur Bangun Tjipta Pratama), Tohar Setiabudi dan beberapa donatur lainnya. Akhirnya kesepakatan terjadi, acara akan diselenggarakan hari ketiga setelah Lebaran, yaitu tanggal 04 Oktober 2008, bertempat di SMPN I Solo.

Dari hasil pencarian data oleh teman2 yang masih berdomisili di Solo, ternyata masih banyak teman2 yang bisa diketahui keberadaannya, termasuk mantan guru2 kami yang waktu itu masih ada yaitu 9 orang, a.l :
Bp. Supadmadi, Ibu Supadmadi, Bp.DR.Anung Haryono, Ibu Anung Haryono, Ibu Titiek Iswati, Bp. Kantoro, Ibu Liliek, (Bp. Suwahto dan Ibu Pujiati), yang keduanya belum lama ini sudah almarhum. Kepada para mantan Guru kita tersebut kita haturkan kenang2an masing2 sebuah arloji merk Alexander Christie yang cukup berharga.

Pertemuan berlangsung dengan sangat meriah, penuh suka cita kenangan yang indah masa2 disekolah, disamping kenangan sedih karena telah ada beberapa teman kita yang sudah mendahului kita, a.l : Prof.Dr.Said Djauharsyah Jenie, yg tadinya menjabat sebagai Direktur IPTN, Sdr.Sularso Tjokrohandoko, Si Kembar Saryatno dan Saryanto, Tanti Josepha, Aryo Tejo, Martono, Yono Murtopo, Uma Isa, Hardyono Asmo, Djoko Suyitno dan mungkin masih banyak lagi yang tidak kita dengar beritanya secara akurat.

Kami menikmati berbagai makanan khas Solo yang sengaja dipesan bersama perangkatnya, hiburan suara oleh mantan2 teman kita penyanyi tempo dulu yaitu Lies Gabeler, Trihadi Karnanto dan beberapa teman lainnya yang ternyata masih merdu suaranya.
Diisi juga sambutan dari teman kita Prof.DR.Umar Anggara Jenie, yang didalam sambutannya juga mengenang saudara kembarnya Prof.DR.Said Djauharsyah Jenie yang belum lama wafat. Kemudian oleh DR.Dr.Moh.Munawar yang mengisi acara tentang Serangan Jantung pada manusia seusia kita, dan diakhiri doa oleh Prof.DR.Marchaban, dekan Fak.Pharmasi UGM. Acara berlangsung dari jam 11.00 s/d jam 15.00, dan dihadiri sekitar 100 orang.Ternyata tidak sedikit mantan para murid SMPN I Solo yan mempunyai gelar sebagai Profesor, Doctor dan Sarjana2 serta menduduki posisi2 penting di instansi pemerintah, militer, swasta, akademis sesuai dengan gelar masing2.
Sulit kita lupakan adegan yang rasanya tidak mungkin terjadi, karena memang benar2 ada yang sudah sejak lulus th.1965 dan baru ketemu kembali. Senang, sedih, haru tak tergambarkan disini.

Pada hari berikutnya segenap Panitia berkumpul di rumah makan Ramayana, untuk saling melaporkan tugas dan tanggung jawab masing2. Kami semua merasa puas, bahwa hasil kerja keras kami yang waktunya sangat sempit itu berhasil dengan sangat memuaskan.
Disinilah kembali tercetus gagasan untuk tetap melestarikan pertemuan yg.lalu itu agar misi dan visi yang kita cetuskan dapat berlanjut.
Akhirnya semua sepakat untuk membentuk suatu paguyuban yang dinamakan "PANAMMA", yang didapat dari singkatan Paguyuban Angkatan Enam Lima, SMPN I Solo.

Demikianlah sekilas info tentang PANAMMA....! Marilah sama2 kita junjung tinggi nama paguyuban kita tersebut. Dan dengan dibukanya BLOG ini kita harapkan dapat menjadi ajang komunikasi antara sesama alumni SMPN I Solo, khususnya Alumni tahun 1965.
Marilah kita berbagi berita, informasi dan canda tawa didalam blog ini. Mohon maaf apabila masih banyak kekurangan2 yang dapat kami tampilkan disini. Kami mohon MASUKAN2 dan SARAN2nya. Terimakasih. RINI GUNAWAN ( 0811.139.675 ), E-mail : rinigunawan@yahoo.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar